Kamis, 08 November 2012

PANTERA

Kalian tu ngga persamaan musik metal dengan harimau ? Jawabannya sama-sama berhubungan dengan Pantera. Bedanya ? Kalau harimau nama latinnya Pantera sp. Kalau musik metal, salah satu lengendnya adalah Pantera..




* Short History *

Pantera dibentuk pada tahun 1981 di Arlington, Arizona, Amerika Serikat oleh duo Abbott besaudara. Pada awal terbentuknya, mereka mengambil glam rock sebagai aliran musiknya, namun seiring berjalannya waktu mereka mengubah aliran ke trash metal, kemudian ke heavy metal. Aliran musik mereka menginfluence beberapa musisi berikut: Korn, Limp Bizkit, Slipknot, Lamb of God, Hatebreed, dll.

* Rewards *

Album mereka telah terjual 20 juta kopi di seluruh dunia. Album-albumnyapun sering mendapatkan Platinum dari RIAA Certification. Peringkat atas Billboardpun sering disinggahi oleh lagu-lagunya. Ohya, mereka juga menjadi pionir dari "New Wave of American Heavy Metal", seperti genre nu metal dan metalcore.

* Band Members *

==>Personil akhir Pantera :

- Dimebag Darrell – gitar, baking vocal
Vinnie Paul – drums
Rex Brown – bass, backing vocal
- Phil Anselmo – vocal



Pantera seringkali berganti vokalis (itu karena genre lagu mereka yang berubah juga) hingga akhirnya menemukan Phil Anselmo yang karakter vokalnya cocok untuk lagu mereka yang bergenre trash metal dan heavy metal. Sayang, band ini telah bubar pada tahun 2003 setelah Phil Anselmo mengundurkan diri. Belum lagi insiden yang menimpa Dimebag Darrell pada tahun 2004 yang ditembak oleh fansnya sendiri( yang memiliki keterbelakangan mental).

* Greatest Hits *

- Walk (1992)
- Cowboys From Hell (1992)
- Fucking Hostile (1992)
- Cemetery Gates (1990)
- Domination (1990)
- 5 Minutes Alone (1994)

Kalau anda pecinta trash metal dn heavy metal, lagu-lagu diatas wajib didengerin. Kekuatan dari lagu-lagu Pantera terdapat pada riff gitarnya. Jadi jangan heran kalau lagu-lagu Pantera banyak yang menghiasi blog-blog pad topik "Best Metal Riffs" (memang cocok kalo didengerin dengan volume speaker sekeras-kerasnya). Lagu-lagu di atas juga banyak dicover band lain kok..




* Discography *

  • Metal Magic (1983)
  • Projects In The Jungle (1984)
  • I Am The Nights (1985)
  • Power Metal (1988)
  • Cowboys From Hell (1990)
  • Vulgar Display of Power (1992)
  • Far Beyond Driven  (1994)
  • The Great Southern Trendkill (1996)
  • Reinventing The Steel (2000)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar