Minggu, 28 Oktober 2012

LED ZEPPELIN

Kalau kemarin saya sudah bahas tentang salah satu pionir heavy metal (Black Sabbath), kali ini saya akan membahas anggota pinir lainnya, Led Zeppelin..


* Short History *

Siapa sangka, kehadiran Led Zeppelin berawal dari kegagalan Jimmy Page mengelola band terdahulunya (The New Yardbirds). Led Zeppelin lahir pada September 1968. Salah satu band fenomenal dunia yang memelopori lahirnya aliran heavy metal dan hard rock (walau mirip seperti Queen, terkadang lagunya merupakan campuran berbagai genre). Sungguh unik di awal debutnya ketika mereka sempat bercekcok dengan majalah Rolling Stones karena masalah musik mereka yang (saat itu) dikatakan "urakan". Ada juga isu terkait lagu-lagu Led Zeppelin yang terinspirasi oleh penyanyi asal Mesir, Umi Khalsum.

* Rewards *

Sebagai nenek moyangnya heavy metal bersama Black Sabbath dan Deep Purple, Led Zeppelin adalah inspirator band-band terkenal lainnya (Judas Priest, Iron Maiden, Metallica, Megadeth, Guns N' Roses, AC/DC, Rush, KISS, Queen, Van Halen, Red Hot Chili Peppers, Def Leppard, Rainbow, Pearl Jam, Aerosmith, Alice Cooper, Madonna, Smashing Pumpkins, Motley Crue; hey, pada kenal band-band di atas ? :D). Secara keseluruhan album mereka telah terjual lebih dari 300 juta copy di seluruh dunia, termasuk 111.500.000 unit bersertifikat di Amerika Serikat, menjadikan mereka sebagai salah satu band best-selling music artis sepanjang masa di dunia, dan menduduki peringkat kedua Best-Selling Band sepanjang masa di Amerika Serikat, setelah The Beatles. Majalah Rolling Stone mengatakan bahwa Led Zeppelin sebagai "band paling Heavy sepanjang masa", "band terbesar di tahun 70-an" dan "tidak diragukan lagi salah satu band paling abadi dalam sejarah rock". Led Zeppelin juga mendapatkan peringkat pertama pada "VH1's 100 Greatest Artists of Hard Rock". Demikian pula, Rock and Roll Hall of Fame menyatakan pada 1970-an band ini termasuk sebagai "band yang paling berpengaruh setelah The Beatles".

* Band Members *


==> Personil Led Zeppelin

- Jimmy Page — guitar
- Robert Plant — lead vocals, harmonica
- John Bonham — drums
- John Paul Jones — bass, keyboards, mandolin

Menjadi komposisi harmonis antara lengkingan khas Robert Plant, ditambah alunan gitar klasik dari Jimmy Page (ia juga diakui sebaga salah satu legenda gitaris dunia) dan paduan bass John Paul Jones. Tidak lupa ketukan drum ala John Bonham. Lambang di atas menggambarkan lambang dari masing-masing personil. Sayang, band ini mulai redup ketika John Bonham meninggal dunia karena alkohol dan overdosis obat. Inipun menjadi penyebab Led Zeppelin bubar. Sementara itu, tiga orang anggota Led Zeppelin, masing-masing Robert Plant , Jimmy Page dan John Paul Jones mengadakan konser reuni di The O2, London pada 10 Desember 2007. Dalam konser yang ditonton 20.000 penonton itu, juga mengajak putra John Bonham, Jason.

* Greatest Hits *

- Stairway To Heaven
- Kashmir
- Ten Years Gone
- Ramble On
- Whole Lotta Love
- The Rain Song
- Achilles Last Stand




Kalau AC/DC punya Highway To Hell, Led Zeppelin punya Stairway To Heaven. Lagu berdurasi lebih kurang 8 menit dengan ciri khas hard rocknya. Selain itu, lagu-lagu diatas juga pernah mencicipi manisnya tangga atas Billboard Charts (kalo jujur, saya cuma pernah denger yang Stairway To Heaven aja, hehe )

* Discography *

  • Led Zeppelin (1969)
  • Led Zeppelin II (1969)
  • Led Zeppelin III (1970)
  • Led Zeppelin IV (1971)
  • Houses of the Holy (1973)
  • Physical Graffiti (1975)
  • Presence (1976)
  • In Through the Out Door (1979)
  • Coda (1982)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar